Jum. Apr 19th, 2024

Sinergitas Babinsa Koramil 0201-12/HP Dan Ppl Berserta Perangkat Desa Tinjau Bendungan

Medan |
Pembinaan wilayah menjadi salah satu tugas pokok Babinsa. Salah satunya dengan tanggap dan terjun langsung dalam membantu kesulitan warga binaan.

Seperti dilakukan Babinsa Desa Tandam hilir II kecamatan hamparan perak, Serma Sugiono bersama PPL dan kepala Dusun Desa Tandam hilir II Mereka meninjau bendungan yang tersumbat akibat sampah
Sabtu (14/05/2022).

Kegiatan meninjau dimulai pukul 07.30 WIB tersebut, dimotori oleh Babinsa dan aparat pemerintah Desa dan kepala Dusun Desa Tandam hilir II Kegiatan diikuti komponen masyarakat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.

Kegiatan ini merupakan bentuk rasa tanggung jawab warga masyarakat yang ada di Desa Tandam hilir II dalam upaya pembenahan bendungan tali air untuk persawahan.

“Hari Minggu yang seharusnya untuk berkumpul dengan keluarga. Namun dengan semangat dan tekad warga untuk keperluan dan kepentingan pribadi dikesampingkan. Kami laksanakan peninjauan agar diwaktu tanam padi sawah tidak kekurangan air tutur Serma Sugiono.

Pelaksanan kegiatan ini, nanti akan dilanjutkan gotong-royong maupun kebersamaan antara Babinsa, perangkat desa, dan warga masyarakat. Kegiatan kerja bakti meliputi pengangkatan sampah agar air mengalir kesawah lancar imbuh Babinsa

Bapak nawan (52) salah satu warga Dusun yang juga tokoh masyarakat mengaku sangat senang dan bersemangat dalam kerja bakti perbaikan tanggul bendungan tersebut.

Dia bersyukur, air sungai bisa mengalir kembali ke saluran irigasi dusun. Sehingga para petani di Desa menjadi lega dan bahagia.

“Sebab mereka dalam menggarap lahan sawah, kebutuhan airnya bisa tercukupi. Mudah-mudahan semangat dan kebersamaan masyarakat menuai hasil yang maksimal,” ucapnya.
Babinsa harus mengetahui kondisi sosial yang ada di setiap wilayah binaannya. Maka menjadi penting untuk koordinasi yang baik serta komunikasi dengan aparat Pemerintah Desa, dalam melaksanakan tugas kewilayahan untuk mencapai sasaran yang nyata.

“Keberhasilan setiap Babinsa dalam bertugas di wilayah binaan, tidak luput dari jerih payah prajurit di lapangan dalam mengemban amanah sebagai pelindung masyarakat,” ujar Danramil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *