Sab. Mei 18th, 2024

Pembukaan Kegiatan Pembinaan Kemandirian Masyarakat di Wilayah Kodim 0201/Medan

Medan |
Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Agus Setiandar, S.I.P menghadiri sekaligus membuka acara pembukaan kegiatan Pembinaan Kemandirian Masyarakat diwilayah Kodim 0201/Medan dengan tema “Peranan TNI-AD Mewujudkan Masyarakat Yang Mandiri Dan Sejahtera”, bertempat di Gedung Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara Jalan Jenderal Besar A. H. Nasution no. 1 B, Pangkalan Mashur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. Jum’at (24/9/2021)

Sambutan kepala BPPT Sumut yang diwakili Ibu Siti Mariam antara (Koordinator Program Penelitian), Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang saya hormati Bapak Dandim 0201/Medan beserta rombongan, maaf disi saya mewakili kepala BPPT Sumut karena beliau tidak bisa hadir pada hari ini, karena kita juga lagi ada kegiatan di Humbang Hasundutan, sehingga beliau tidak bisa hadir.

Saya ucapkan selamat datang kepada para peserta, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahuwata’ala Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan nikmat Kesehatan kepada kita pada hari ini sehingga kita bisa dapat hadir dalam acara penelitian dan pengkajian pertanian. Jadi segala Teknologi yang dihasilkan di Pusat, apakah itu Teknologi pangan maupun peternakan yang kita lakukan itu sudah diteliti di Pusat dan diselesaikan kedaerah-daerah.

“Kepada Bapak/Ibu yang melakukan penelitian-penelitian khusus mencegah tarakan masyarakat petani kita saat ini menjadi perwakilan untuk didaerah Provinsi, sehinga BPTP sudah ada di seluruh Indonesia, sehingga kita itu punya Line Ke Balai Penelitian ternak, Jadi Bapak dan Ibu disini bukan hanya peternakan tanaman pangan hortikultura, jadi kita siap membantu Bapak-Bapak TNI yang akan melakukan pengawalan jika ada yang membutuhkan silakan bersurat ke kita.”pungkas Ibu Siti Mariam antara.

Sambutan Dandim 02021/Medan Kolonel Inf Agus Setiandar, S.I.P, Bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat pagi salam sejahtera bagi kita semua, Salom yang saya hormati bapak Kepala BPPT, kepala Balai Penelitian Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Provinsi Sumatera Utara, para Perwira dan Bintara Kodim 0201/Medan, yang kami hormati Bapak/Ibu peserta program kemandirian Masyarakat.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan Rahmat dan Karunianya maka pada pagi hari ini kita dapat berkumpul di Aula BPTP Pemprov Sumatera Utara dalam keadaan sehat walafiat tidak kurang satu apapun sehingga kita akan siap untuk melaksanakan kegiatan yang sudah kita rencanakan.

“Kami berterima kasih kepada penelitian dan pengembangan teknologi pertanian Pemprov Sumatera Utara dalam hal ini yang diwakili oleh ibu Dr. Siti Maryam Harahap selaku koordinator program penelitian karena sedikit banyak mungkin walaupun sesuai dengan tugas dan fungsinya tentunya kehadiran kami dalam pelaksanaan program kegiatan ini sedikit banyak menyita waktu dan bahkan di sini kami juga menggunakan tempat Ibu sehingga setidaknya ada tenaga yang dicurahkan.”ungkap Dadim 0201/Medan

Untuk itu saya mewakili seluruh jajaran Kodim 0201/Medan ingin mengucapkan Ribuan terima kasih atas segala bantuan yang diberikan oleh BPTP Pemprov Sumatera Utara selanjutnya mungkin kami bersifat sering karena mungkin tidak sedikit juga Masyarakat, bahkan mungkin Instansi yang belum memahami wilayah Kodim 0201/Medan.

“Kodim 0201 Medan ini membawahi wilayah Teritorial diseluruh Kota Medan yang terdiri dari 21 Kecamatan, ditambah 8 Kecamatan yang menempel di Kota Medan mulai dari Labuhan Deli, Hamparan Perak, Pancur Batu, Namo Rambe, Deli Tua, Patumbak, Tanjung Morawa dan Percut Sei Tuan.”terangnya

Terkait dengan program kegiatan bakti kemandirian Masyarakat ini adalah suatu wujud kepedulian jajaran TNI-AD kepada Masyarakat di wilayah untuk mengatasi kesulitan, meningkatkan kapasitas Masyarakat melalui solusi yang aplikatif yang mudah diterapkan oleh Masyarakat yang mana diharapkan hal tersebut bisa berdampak langsung pada peningkatan taraf hidup ekonomi dan kesejahteraan serta terwujudnya ketahanan Masyarakat terhadap ancaman gangguan hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan NKRI.

Kita ketahui bahwa tercipta kesempatan pada pihak-pihak lain ataupun mungkin tercipta kesempatan untuk terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan seperti aksi-aksi kriminalitas dan lain sebagainya demikian pula dimaksudkan untuk peningkatan pengetahuan kemampuan dan keterampilan Masyarakat dengan memberdayakan potensi wilayah, dalam hal ini kita memiliki BPTP kita memiliki berbagai badan yang dimiliki baik oleh Provinsi Sumatera Utara maupun Pemko Medan, sehingga ini juga harus bisa kita manfaatkan dalam rangka Masyarakat menjadi lebih mandiri dan memiliki peluang untuk meningkatkan taraf hidup masing-masing.

“Dalam pelaksanaannya Kodim 0201/Medan saat ini melakukan pembinaan pemberdayaan Masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam secara efektif efisien dan ramah lingkungan serta bersifat berkelanjutan.”jelas Dandim 0201/Medan

“Kepada Bapak/Ibu sekalian yang sudah hadir kami menghaturkan penghargaan yang setinggi-tingginya semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi setiap usaha dan langkah kita serta hidayahnya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kita kepada Masyarakat bangsa dan negara.”ucap Dandim

Penyerahan Plakat dari Dandim 0201/Medan kepada ibu Dr. Siti Maryam Harahap selaku Koordinator Program Penelitian selanjutnya pemberian cendramata dari BPTP Provinsi Sumatera Utara kepada Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Agus Setiandar, S.I.P,

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Mayor Arh Nirmawan (Pasiter Kodim 0201/Medan), Kapten Kav Ando S (Kaurkomsos Kodim 0201/Medan), Kapten Arm Edi Hutabarat, S.H. M.H (Danramil 0201-08/MJ).

Selama kegiatan berlangsung dengan ketat menerapkan Protokol Kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *