Sab. Mei 18th, 2024

Koramil 0201-14/PB Ikut Bantu Pencarian Warga Yang Hanyut Tenggelam Akibat Luapan Sungai

Medan |
Tinggi nya curah hujan yang turun sejak kemarin sore telah menyebabkan meninggi nya debit air di seetai luapan air sungai di beberapa Desa yang ada di wilauah Kec Namo Rambe. Hal tersebut juga terjadi di sungai Lau Simeimei yang berada di wilayah Desa Lau Mulgab. Sehingga luapan sungai Lau Simeimei tersebut telah menggenangi daerah sekitar aliran sungai dan ruas jembatan penghubung antara Desa Lau Mulgab menuju Desa Kuala Simeimei yang ada di atas nya. Tentu nya hal tersebut berdampak pada aktifitas warga yang tidak dapat melintasi jembatan untuk menuju Kec Namo Rambe maupun Kec Delitua.

Bahkan sekitar jam 22.00 wib malam tadi, ketinggian air sungai Lau Simeimei telah mencapai 5 meter, sehingga telah menyebabkan banjir di daerah sekitar aliran sungai tersebut. Namun demikian, sekitar jam 22.30 wib tadi malam ada sebuah mobil minibus jenis Avanza yang mencoba untuk melintasi deras nya luapan air sungai yang telah menggenangi jembatan penghubung antar Desa tersebut. Meski sebelum nya telah di peringatkan oleh warga sekitar tentang kondisi jembatan yang sedang tergenang banjir, namun pengemudi mobil Avanza tersebut tetap nekat dan mencoba untuk menerobos deras nya luapai air sungai Lau Simeimei yang telah menggenangi jembatan tersebut. Hal ini di lakukan untuk mempercepat waktu agar mereka segera sampai di tempat tujuan.

Sehingga akibat dari aksi nekat nya itu telah menyebabkan mobil Avanza ikut terseret deras nya luapan arus sungai dan ahir nya tenggelam ke sungai Lau Simeimei. Di ketahui mobil Avanza tersebut adalah milik Bapak Rahmat (33 thn) warga Desa Jati Kesuma Kec Namo Rambe. Dan pada malam tadi Bapak Rahmat bersama Istri dan tiga orang anak nya sedang berada di dalam mobil Avanza tersebut, sehabis dari keperluan di Desa Gunung Kelawas Kec Namo Rambe. Pada saat mobil Avanza mulai terseret deras nya luapan air sungai dan ahir nya hanyut tenggelam ke sungai Lau Simeimei, Bapak Rahmat berhasil menyelamatkan diri keluar dari mobil dan berenang ke tepi sungai. Namun tidak demikian hal nya dengan istri dan ketiga anak nya, yang seluruh nya ikut hanyut dan tenggelam bersama mobil Avanza tersebut.

Informasi tentang hanyut dan tenggelam satu unit mobil Avanza beserta penumpang di dalam nya cepat menyebar. Dan pada malam itu juga, Kepala Desa Lau Mulgab Bapak Darma Sitepu langsung menghubungi Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Tarmizi dan Bhabinkamtibmas Aiptu R Kaban, agar segara datang menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian dari hanyut dan tenggelam nya mobil Avanza tersebut.

Setiba nya di lokasi kejadian sekitar jam 23.30 wib malam tadi, Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Tarmizi bersama Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas serta warga yang mulai berdatangan langsung berusaha untuk melakukan pencarian. Namun akibat cuaca yang masih terus di guyur hujan serta minim nya alat penerangan dan peralatan pada malam hari tadi, sehingga pencarian tersebut tidak berjalan maksimal dan belum membuahkan hasil. Atas hasil tersebut, selanjut nya Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Tarmizi bersama Kepala Desa Lau Mulgab Bapak Darma Sitepu memutuskan agar pencarian di lanjutkan pada pagi hari nya, dengan melibatkan Personil dari Basarnas dan BPBD serta Personil tambahan lain nya.

Tepat pada pukul 07.00 wib tadi pagi, proses pencarian korban hanyut dan tenggelam di sungai Lau Simeimei kembali di lanjutkan, dengan melibatkan Personil dari Basarnas Deli Serdang dan BPBD Prov Sumut yang sudah hadir di lokasi dengan membawa peralatan berupa Perahu Karet dan Peralatan untuk menyelam. Proses pencarian pada pagi hari tadi juga melibatkan Personil dari Polsekta Namo Rambe, Personil dari Pemerintah Kec Namo Rambe, Babinsa Koramil 0201-14/PB, Personil dari Polsekta Namo Rambe dan juga warga Desa Lau Mulgab Kec Namo Rambe. Terlihat Camat Namo Rambe Bapak Amos F Karo Karo, S.Sos, M.AP bersama Kapolsekta Namo Rambe AKP Antonius Ginting, SH juga ikut terlibat dalam proses pencarian tersebut.

Setelah melakukan pencarian secara bersama sama, ahir nya sekitar jam 10.55 wib siang hari ini, proses pencarian membuahkan hasil. Seluruh korban hanyut dan tenggelam di sungai Lau Simeimei di temukan berada dalam mobil Avanza di dasar sungai dengan kondisi sudah meninggal dunia, sekitar 1 Km dari lokasi awal mobil tersebut hanyut dan tenggelam. Adapun identitas seluruh korban yang berhasil di temukan tersebut adalah sbb =
1. Putri (30 thn) istri Rahmat.
2. Fahri (14 thn) anak.
3. Syasha (12 thn) anak.
4. Azri (2 thn) anak.

Selanjut nya, seluruh Personil yang terlibat pencarian membawa para korban menuju Desa Lau Mulgab untuk keperluan identifikasi dan penyelidikan lebih lanjut. Namun Pihak Keluarga meminta agar seluruh korban bisa segera di bawa ke rumah duka di Desa Jati Kesuma Kec Namo Rambe, agar bisa segera di kebumikan pada hari ini juga. Sehingga kemudian Pemerintah Kec Namo Rambe bersama Babinsa Koramil 0201-14/PB dan Bhabinkamtibmas memfasilitasi hal tersebut, sesuai dengan permintaan dari Pihak Keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *