Sel. Mei 21st, 2024

Koramil 0201-14/PB Dampingi Petugas Kesehatan Laksanakan Tracing

Medan |
Terjadi nya kembali lonjakan kasus harian Covid 19 di berbagai daerah khusus nya varian Omicron, tentu nya wajib di waspadai dan di antisipasi oleh seluruh Pemerintah dan Tim Satgas Covid 19 masing masing Desa yang ada di wilayah Kec Pancur Batu, termasuk juga Pemerintah Desa dan Tim Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II. Hal ini karena penyebaran virus Covid 19 varian Omicron ini jauh lebih mudah dan lebih cepat dari pada varian yang sudah ada sebelum nya.

Terkait adanya informasi tentang 3 orang warga Desa Tuntungan II Kec Pancur Batu yang terkonfirmasi positif Covid 19. Hal ini segera di tindak lanjuti oleh Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II Kec Pancur Batu dengan melakukan Tracing sekaligus penyemprotan disinfektan di sekitar rumah warga tersebut bersama Bidan Desa dan Petugas Kesehatan dari UPT Puskesmas Tuntungan. Rabu (9/3/2022)

Berdasarkan informasi yang di peroleh Babinsa Koramil 0201-14/PB Serma Josua Sembiring, di ketahui bahwa Data warga yang terkonfirmasi positif Covid 19 tersebut adalah sbb =
1. Nama : Musa Sembiring, 62 thn.
Alamat : Jln Lap Golf No 15A Dusun 2 Desa Tuntungan II.
2. Nama : Satria Panji, 35 thn.
Alamat : Jln Mulia No 6 Dusun 2 Desa Tuntungan II.
3. Nama : Frista Aulia, 26 thn.
Alamat : Jln Tunas Mekar No 207 Dusun 2 Desa Tuntungan II.
Saat ini ketiga warga tersebut sudah menjalani Isolasi Mandiri di rumah masing masing sejak tanggal 07 Maret kemarin.

Untuk itu, pada hari ini sekitar pukul 10.00 wib, Babinsa Koramil 0201-14/PB Serma Josua Sembiring bersama Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II mendatangkan Tim Tracer Covid 19 dari UPT Puskesmas Tuntungan Kec Pancur Batu. Hal ini penting di lakukan agar segera di laksanakan Tracing dan Pendataan terhadap orang orang yang pernah kontak erat dengan warga yang sudah positif terpapar virus Covid 19 tadi, khusus nya yang masih ada hubungan keluarga, saudara atau pun yang tinggal berdekatan rumah nya. Tentu nya hal ini untuk mencegah dan meminimalisir terjadi nya penyebaran virus Covid 19 khusus nya di wilayah Dusun 2 Desa Tuntungan II.

Selain Babinsa Koramil 0201-14/PB, pada kegiatan Tracing hari ini yang di laksanakan sesuai dengan Aturan Protokol Kesehatan oleh Tim Tracer dari UPT Puskesmas Tuntungan bersama Bidan Desa dan Anggota Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II, tampak pula Para Kepala Dusun Desa Tuntungan II. Seluruh orang yang masih ada hubungan keluarga dan tetangga dekat sekitar rumah yang pernah kontak erat dengan warga tadi di telusuri serta di data, dan nanti nya akan segera di laksanakan Swab Test dari UPT Puskesmas Tuntungan. Sambil menunggu pelaksanaan Swab Test tersebut, seluruh orang yang sudah di Tracing hari ini di anjurkan untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan setiap hari dan membatasi kegiatan di luar rumah jika tidak benar benar penting dan mendesak.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan Tracing tersebut, Babinsa Koramil 0201-14/PB bersama Tim Tracer dari UPT Puskesmas Tuntungan dan juga Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II memberikan beberapa Instruksi kepada seluruh warga yang di tracing, di antara nya adalah sbb =
1. Menghimbau agar seluruh keluarga dari warga yang positif terpapar virus Covid 19 agar melakukan Isolasi Mandiri di rumah dengan benar dan baik. Begitu pula dengan seluruh kerabat dan tetangga yang pernah melakukan kontak erat sebelum nya, sambil menunggu pelaksanaan Swab Test dari UPT Puskesmas Tuntungan.
2. Pada hari ini juga akan di laksanakan penyemprotan disinfektan di rumah warga yang terkonfirmasi positif Covid 19 tadi dan beberapa rumah yang berada di sekitar nya.
3. Memberikan bantuan vitamin dan obat obatan Covid 19 kepada masing masing warga tersebut.
4. Meghimbau kepada seluruh warga Dusun 2 Desa Tuntungan II agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan demi menghindari penularan virus Covid 19.

Dalam kegiatan Tracing tersebut, Babinsa Koramil 0201-14/PB Serma Josua Sembiring menjelaskan tentang penting nya Tracing ini segera di lakukan pasca di ketahui ada nya 3 orang warga yang positif terpapar virus Covid 19. “Kegiatan Tracing ini merupakan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19 imbas dari adanya 3 orang warga Desa kita yang sudah terkonfirmasi positif Covid 19. Hal ini di lakukan untuk memastikan agar orang orang yang pernah kontak erat untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan setiap hari nya serta melaksanakan Isolasi Mandiri dengan benar, sambil menunggu pelaksanaan Swab Test dari UPT Puskesmas Tuntungan. Sehingga kita bisa mencegah terjadi nya klaster baru penularan virus Covid 19 di wilayah Desa Tuntungan II khusus nya yang bermukim di Dusun 2 ini.” ujar Babinsa Koramil 0201-14/PB Serma Josua Sembiring yang di dampingi oleh Bidan Desa serta anggota Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II dalam kegiatan Tracing tersebut.

Hal yang di sampaikan oleh Serma Josua Sembiring tadi juga di dukung penuh oleh Tim Tracer dari UPT Puskesmas Tuntungan Kec Pancur Batu. Tentu nya dengan harapan agar tidak ada lagi warga Desa Tuntungan II khusus nya yang bermukim di Dusun 2 yang terpapar virus Covid 19. “Kita tentu nya berharap agar seluruh warga yang sudah di Tracing tadi bisa benar benar melaksanakan ketentuan tentang Isolasi Mandiri, sambil menunggu pelaksanaan Swab Test nanti nya. Sehingga tidak ada lagi warga yang terpapar virus Covid 19, dan kita bisa mencegah potensi klaster baru penularan virus berbahaya ini di wilayah Desa Tuntungan II. Terlebih pada saat ini kita sedang benar benar mengantisipasi terjadi nya lonjakan kasus Covid 19 varian Omicron, yang jauh lebih mudah dan lebih cepat menyebar.” tutup salah seorang Tenaga Kesehatan yang ikut sebagai Tim Tracer UPT Puskesmas Tuntungan, di ahir kegiatan Tracing tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *