Rab. Jun 12th, 2024

Demi Kenyamanan Ibadah Jemaat Gereja, Danramil 0201-04/MK Turut Memediasi Perselisihan

Medan |
Danramil 0201-04/MK turut memediasi perselisihan internal antara Pengurus Gereja yang ada di wilayah kerja. Kegiatan mediasi dilaksanakan di Kantor Kecamatan Medan Kota Jl. Asrama-1, Selasa, (31/05/2022).

Upaya mediasi perselisihan internal tersebut hanya dihadiri oleh pemohon mediasi atas nama warga jemaat gereja yang terpecah atas perselisihan internal pasca musyawarah empat tahunan yang dinilai beberapa pendeta dan warga jemaatnya tidak sesuai dengan AD/ART gereja tersebut.

Danramil 0201-04/MK, Mayor Arh M.Rizal, S.Sos. mengungkapkan bahwa pemohon mediasi menyampaikan adanya perselisihan internal Pengurus gereja karena adanya dualisme kepemimpinan pemimpin gereja yang mengakibatkan pendeta dan jemaat gereja tidak bersatu, kegiatan/program gereja untuk pembinaan iman jemaat tidak berjalan dengan baik.

Permohonan mediasi dimintakan oleh beberapa jemaat yang dikoordinir oleh salah seorang pendeta dimana agar mereka dapat dimediasi dalam penggunaan gedung gereja tersebut untuk beribadah, karena sejak mereka berselisih pasca hasil musyawarah empat tahunan tersebut, mereka beribadah secara terpencar-pencar, tidak di gereja induknya lagi.

Danramil 0201-04/MK bersama Sekcam Medan Kota, Kanit Intelkam dan Kanit Binmas Polsek Medan Kota, Lurah dan Babinsa setempat juga menyampaikan kegiatan mediasi awal yang hanya dihadiri oleh koordinator jemaat untuk selanjutnya akan meminta konfirmasi dari pihak pimpinan gereja hasil keputusan musyawarah empat tahunan yang telah dilaksanakan, sehingga informasinya lengkap untuk bahan keputusan penyelesaian perselisihan internal tersebut.

Perselisihan internal pengurus dan warga jemaat gereja sebaiknya diselesaikan secara internal juga, karena penyelesaiannya merupakan marwah kepemimpinan gereja. Namun apabila tidak bisa diselesaikan secara internal dan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin dapat berkembang dari perselisihan internal tersebut, kami dari Forkopimka Kecamatan Medan Kota siap memediasinya, sehingga kerukunan di dalam umat beragama dan kenyamanan ibadah jemaat akan berjalan dengan baik, tegas Danramil mengakhiri rapat mediasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *