Jum. Apr 19th, 2024

DANRAMIL 0201-16/TM HADIRI RAPAT KOORDINASI PENATAAN PASAR TRADISIONAL TANJUNG MORAWA

Tanjung Morawa -Komandan Koramil 0201-16/TM Kodim 0201/Medan Mayor, Inf Syafruddin Manurung Bersama Muspika Kec Tj Morawa hadiri Rapat kordinasi penataan pasar tradisional Kec Tanjung Morawa Kab Deli Serdang,Selasa 25 Oktober 2022. Tempat Aula Drs H Amri Tambunan Kantor Camat Kecamatan Tanjung Morawa, Jalan Irian No. 237 Lingkungan V Kelurahan Pekan Tanjung Morawa Kecamatan Tanjung Morawa.

▪︎ Dasar Kegiatan ;
Surat Pemerintah Kecamatan Tanjung Morawa Nomor : 004/670 Tertanggal 24 Oktober 2022 Perihal : Rapat Koordinasi Penataan Pasar Tradisional Tanjung Morawa

▪︎ Kegiatan dihadiri :

  1. Kepala Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang Kabupaten Deli Serdang, Rachmad Syah, ST
  2. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang, Ir. Artini S. Marpaung
  3. Camat Kecamatan Tanjung Morawa, Ismail, S. STP , M. SP
  4. Danramil 0201-16 /Tanjung Morawa DIM 0201/ Medan, Mayor Inf Syafruddin Manurung
  5. Wakapolsek Tanjung Morawa, IPTU Supriyanto
  6. Kabid. Sarana dan Pelaku Distribusi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Deli Serdang, Sahat Silitonga
  7. Kepala Seksi Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Deli Serdang, Swito, SE
  8. Kasie Trantib Kecamatan Tanjung Morawa, Pandiansyah
  9. Lurah Kelurahan Pekan Tanjung Morawa, Fuad Ikhwan Hasibuan, S. STP
  10. Kepala Desa Tanjung Morawa B, Nazarianti
  11. Kepala Desa Bangun Rejo, Misno
  12. Kepala Desa Dagang Kerawan, Muhammad Nur
  13. Babinsa Desa Bangun Rejo, Serda Erfan Syahputra
  14. Babinsa Kelurahan Pekan Tanjung Morawa, Serda Suyono
  15. Kepala Bidang PT Samawood, Togar Simanjuntak
  16. FKDM Kecamatan Tanjung Morawa

▪︎ Rangkaian Kegiatan :
A. Camat Tanjung Morawa, Ismail, S.STP, M. SP , membuka rapat koordinasi pembahasan Penataan Pasar Tanjung Morawa :

  • Terima kasih kepada seluruh yang hadir di sini dalam rangka kita melakukan rapat, kita hari ini membahas penataan pasar tradisional dimana kalaulah kita melihat kondisinya saat ini dan juga ini hasil dari permintaan para pedagang kondisi pasar sudah sangat kumuh. Bisa kita melihat sendiri kondisi jalan menuju pasarnya itu yang berada di dalam , dimana jalan tersebut sudah sangat parah untuk di lalui para pedagang, Tidak hujan saja kondisi jalannya sudah berair dan berlumpur karna tempat pembuangan airnya sudah tumpa, ini dalam waktu yang tidak lama lagi kita akan melakukan pembenahan dan pemebersihan jalan seputaran tersebut.

B. Kepala Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang Kabupaten Deli Serdang, Rachmad Syah ST :
• Kita akan memperbaiki dan membersihkan selokan pasar inpres Tanjung Morawa dan kita juga akan berkoordinasi dengan ketua ikatan pedagang pasar Inpres Tradisional Tanjung Morawa yang ikut juga berpartisipasi agar tempat pedagang ini layak menjadi pusat perbelanjaan bagi masyarakat.

  • Sistem pengerjaannya selama 2 bulan ini memakai BHL, Namun ketika nanti sudah di perbaiki kita harap seluruh para pedagang bisa menjaganya dengan baik.

C. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang, Ir. Artini S. Marpaung :

  • Untuk masalah sampah di pasar tradisional Tanjung Morawa, kepada para pedagang agar bisa membuangnya ke tempat sampah. Pasar menghasilkan banyak sampah terutama sampah organik seperti sayur-sayuran, daging, ikan, dan juga sembako dan juga sampah anorganik seperti bungkus plastik. Seringkali ditemukan banyak sampah berserakan di pasar. Sampah-sampah tersebut menumpuk dalam jumlah banyak dan menimbulkan banyak dampak buruk.
    Sampah berserakan membuat lingkungan menjadi kotor. Jika terus dibiarkan sampah kan menumpuk dan membuat lingkungan menjadi lebih kotor lagi. Sampah yang berserakan jika dibiarkan menumpuk dapat menyimbat aliran air. Aliran air yang tersumbat membuat air tidak bisa mengalir dan menggenang di pasar. Hal tersebut bisa menimbulkan banjir ketika hujan turun.
    Diharapkan kepada pengelola pasar untuk melakukan pengaturan lebih baik lagi agar pasar tradisional dapat berfungsi denga baik.
    Diharapkan juga kepada pedagang untuk menyediakan tempat sampah sementara seperti kardus, karung ataupun keranjang untuk mengumpulkan sampah masing-masing dan kepada masyarakat ikut berperan serta dalam menjaga kebersihan lingkungan di Pasar.

Dokumentasi Terlampir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *