Rab. Jun 12th, 2024

BATI KOMSOS KORAMIL 0201-14/PB SAMPAIKAN MATERI KEBHINEKAAN DALAM MENJAGA BINGKAI PERSATUAN BANGSA PADA KEGIATAN ILUMINASI HUKUM

Namo Rambe – Meskipun pada saat ini kita telah berada di era modern dengan segala kemudahan dalam melakukan apa pun, namun hingga kini masih banyak masyarakat yang tidak memahami tentang berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Sehingga pada ahir nya membuat banyak orang menjadi tidak memahami dan mengerti segala tindakan yang harus nya di lakukan untuk menjaga keutuhan Bangsa dan Negara. Hal tersebut tentu nya akan berdampak pada peningkatan tindakan negatif di tengah masyarakat yang bertujuan untuk mengganggu Kamtibmas serta menyebabkan perpecahan antar sesama masyarakat.

Demi mengantisipasi terjadi nya tindakan negatif yang dapat mengganggu Kamtibmas dan menyebabkan perpecahan di tengah tengah masyarakat yang terdiri dari beragam Suku, Ras dan Agama, maka sangat di perlukan Sinergitas seluruh elemen guna mewujudkan Persatuan di wilayah pemukiman masyarakat. Keterlibatan dan peran serta Aparat Kewilayahan dari unsur TNI dan Polri bersama Pemerintah Desa tentu nya juga sangat di butuhkan untuk mewujudkan hal tersebut dengan melakukan berbagai kegiatan. Seperti yang di laksanakan pada hari ini (15-07-2022) oleh Pemerintah Desa Kuta Tualah Kec Namo Rambe dengan menyelenggara kan kegiatan Iluminasi Hukum di Balai Desa Kuta Tualah Kec Namo Rambe. Kegiatan Iluminasi Hukum ini di ikuti oleh seluruh Aparatur Pemerintah Desa Kuta Tualah, Ketua BPD dan Ketua LPM, serta Perwakilan Tomas, Toga dan Toda Desa Kuta Tualah Kec Namo Rambe.

Kegiatan Iluminasi Hukum ini merupakan Program Kerja Non Fisik masing masing Pemerintah Desa yang ada di seluruh wilayah Kec Namo Rambe pada Tahun 2022, dengan Sasaran utama adalah memberikan pengetahuan dan wawasan kepada seluruh Aparatur Pemerintah Desa dan juga Perwakilan masyarakat yang hadir.

Pelaksanaan kegiatan Iluminasi Hukum hari ini di Balai Desa Kuta Tualah di isi dengan penyampaian dan penjelasan materi dari seluruh Narasumber secara bergiliran. Hal ini di maksudkan agar seluruh Aparatur Pemerintah Desa dan Perwakilan masyarakat yang hadir pada kegiatan ini bisa mengerti dan memahami tentang berbagai permasalahan terkait dengan Hukum dan Upaya Penanganan Hukum yang sering terjadi di tengah masyarakat, termasuk pula hal hal yang menyangkut beragam jenis Suku, Ras dan Agama dalam bingkai Kebhinekaan yang harus di lakukan seluruh masyarakat untuk mewujudkan Persatuan dalam menjaga keutuhan Bangsa.

“Sering nya terjadi tindakan negatif yang bertentangan dengan norma hukum di tengah masyarakat merupakan awal dari muncul nya gangguan Kamtibmas. Jika hal ini di biarkan dan terjadi secara terus menerus tentu akan dapat mengganggu keutuhan Bangsa dan Negara. Sebagai masyarakat yang tinggal di Desa, semesti nya kita bisa mencegah hal itu terjadi jika kita dapat menyatukan segala perbedaan dengan hidup rukun dan damai, hingga terbentuk suatu kekuatan yang dapat menangkal segala jenis gangguan Kamtibmas. Dengan segala Kebhinekaan yang ada, seluruh lapisan masyarakat dapat ikut berperan untuk menjaga keutuhan Bangsa dan Negara.” Demikian hal hal yang di sampaikan oleh Bati Komsos Koramil 0201-14/PB Peltu Rudi Anthoni ketika menyampaikan Materi pada kegiatan Iluminasi Hukum hari ini di Balai Desa Kuta Tualah Kec Namo Rambe.

Kegiatan Iluminasi Hukum di Balai Desa Kuta Tualah Kec Namo Rambe pada hari ini berjalan dengan tertib dan lancar hingga selesai, serta di laksanakan dengan tetap mematuhi Aturan Protokol Kesehatan. “Bagi kita seluruh nya yang telah mengikuti kegiatan Iluminasi Hukum hari ini, di harapkan bisa menambah wawasan dan pemahaman tentang berbagai aspek Hukum di tengah masyarakat. Kemudian kita juga mengerti segala hal yang dapat di lakukan untuk menjaga Persatuan di tengah masyarakat dalam upaya untuk menjaga keutuhan Bangsa. Tentu nya dengan selalu menjunjung tinggi nilai toleransi dan saling menghargai segala perbedaan yang ada.” ujar Kepala Desa Kuta Tualah menjelang berahir nya kegiatan tersebut. (14/PB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *