Sab. Jun 15th, 2024

Antisipasi Penyakit PMK Pada Hewan Ternak Babinsa Komsos Dengan Peternak Sapi

Medan – Serda JP Siahaan Babinsa Koramil 07/ Medan Tuntungan Kodim 0201/MEDAN melaksankan Komsos sekaligus lakukan pemantauan dan pengecekan kesehatan hewan ternak milik warga sebagai antisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kegitan tersebut dilakukan oleh Babinsa dengan menyambangi kandang sapi milik warga binaan yang berlokasi di kelurahan Asam kumbang kecamatan Medan selayang Kota Medan, jumat (15/07/2022).

Dalam kegiatannya Babinsa Serda JP Siahaan juga melakukan himbauan kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.

Menurutnya dilakukannya kegiatan tersebut untuk mengantisipasi wabah PMK dengan melihat langsung hewan peternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit wabah PMK, ujar Serda JP Siahaan

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya, serta mengantisipasi datangnya hewan ternak sapi, kambing dan kerbau dari wilayah lain.

“Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mulut, lepuh kepada instansi terkait,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *